Verifikasi Lapangan Eco Pesantren Jawa Timur Tahun 2022 di Kab Probolinggo dan Kab Gresik

26 Oct 2022 11:21:10
Responsive image
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

Tim Penilai dan Verifikasi Lapangan dari DLH Provinsi Jawa Timur didampingi oleh DLH Kab. Probolinggo melakukan Verifikasi Lapangan dan Penilaian pada salah satu Calon Penerima Penghargaan Eco Pesantren Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 yaitu Pondok Pesantren Fatahillah Ibnu Nizar di Desa Sumberkerang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo pada hari Rabu (19/10/22). Setelah itu, tim Penilai dan Verlap dari DLH Provinsi Jawa Timur dengan didampingi oleh DLH Kab Gresik juga melaksanakan verifikasi lapangan pada salah satu Calon Penerima Penghargaan Eco Pesantren Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 yaitu di Pondok Pesantren Mambaul Ihsan, Banyuurip, Ujungpangkah, Gresik pada hari Kamis (20/10/22).

Eco-pesantren merupakan suatu konsep pengelolaan pondok pesantren yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Program ini bertujuan untuk mendorong peningkatan pengetahuan, kepedulian, kesadaran dan peran serta aktif warga pondok pesantren terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup berdasarkan ajaran agama Islam. Banyaknya permasalahan lingkungan yang terjadi di pondok pesantren, antara lain: sanitasi yang kurang baik, termasuk permasalahan sampah yang tidak dikelola, menjadi ancaman serius untuk lingkungan sehingga mendorong diadakannya program Eco Pesantren.

Dengan adanya program eco-pesantren ini diharapkan adanya peningkatan kesadaran dan kepedulian warga pondok pesantren dalam pengelolaan lingkungan hidup dan dapat menjadikan pondok pesantren sebagai pusat pembelajaran yang berwawasan lingkungan bagi komunitas pesantren dan masyarakat sekitar pondok pesantren.

Selain itu, program Eco-pesantren ini diharapkan akan menjadi program unggulan bagi dunia Islam dan sistem pendidikan Islam untuk membangun generasi muda muslim melalui sinergi keimanan dan ilmu pengetahuan serta membangkitkan kesadaran lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat yang berkelanjutan.

Berita Terpopuler
Card image cap

Halal Bihalal Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur

17 Apr 2024 15:58:18

dlh-jatim

Selasa (16/4) merupakan awal m...

Card image cap

Pembinaan ASN dan Non ASN yang BERAKHLAK

20 Mar 2024 13:50:07

dlh-jatim

Dalam rangka peningkatan kapas...

Card image cap

Pengawasan Penataan Lingkungan Hidup Industri Kimia

15 Mar 2024 14:42:22

dlh-jatim

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) P...