PELATIHAN PENGURUSAN JENAZAH

17 Jan 2023 07:52:56
Responsive image
... ... ... ...

Bismillah, Masjid Jannatul Firdaus DLH Provinsi Jawa Timur mengadakan Pelatihan Pengurusan Jenazah pada hari Senin tanggal 16 Januari 2023 bertempat di Masjid Jannatul Firdaus Ba’da Sholat Dhuhur, dengan muwajjih Ustadz H. Muhalimin Mahir, LC,MA (Pengasuh Kajian Ulumul Qur’an Radio Suara Muslim Surabaya) dan Ustadzah Emohi Rino Lailatul Kodar.

Kajian ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara dan penanganan pengurusan jenazah yang benar dan sesuai syariat. Disini kita dapat belajar bagaimana cara menangani saat mentalqin orang yang akan meninggal dunia, memandikan, mengkafani sampai dengan menguburkan jenazah.

Hukum dalam merawat jenazah adalah fardhu kifayah, dimana dengan hukum ini, sekiranya ada orang muslim meninggal dan sudah ada yang merawat jenazahnya, maka gugurlah kewajiban umat muslim yang lain. Adapun keutamaan dalam mengurus jenazah adalah :

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 1240

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda :

Barang siapa yang menyaksikan jenazah hingga ikut menyalatkannya maka baginya pahala satu qirath, dan barang siapa yang menyaksikan jenazah hingga ikut menguburkannya maka baginya pahala dua qirath. Ditanyakan kepada beliau:
Apa yang dimaksud dengan dua qirath? Beliau menjawab: Seperti dua gunung yang besar.

Semoga bermanfaat.


Berita Terpopuler
Card image cap

Halal Bihalal Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur

17 Apr 2024 15:58:18

dlh-jatim

Selasa (16/4) merupakan awal m...

Card image cap

Pembinaan ASN dan Non ASN yang BERAKHLAK

20 Mar 2024 13:50:07

dlh-jatim

Dalam rangka peningkatan kapas...

Card image cap

Pengawasan Penataan Lingkungan Hidup Industri Kimia

15 Mar 2024 14:42:22

dlh-jatim

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) P...