Verifikasi Lapangan Eco Pesantren Jawa Timur Tahun 2022 di Kab Magetan dan Kab Ngawi

26 Oct 2022 15:20:24
Responsive image
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

Tim Penilai dan Verifikasi Lapangan dari DLH Provinsi Jawa Timur didampingi oleh DLH Kab. Magetan melakukan Verifikasi Lapangan dan Penilaian pada salah satu Calon Penerima Penghargaan Eco Pesantren Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 yaitu di Pondok Pesantren Baitul Qur'an Al Jahra pada hari Senin (24/10/22) di Sirogo, Tawanganom, Kec Magetan, Kab Magetan, Jawa Timur. Setelah itu, tim Penilai dan Verlap dari DLH Provinsi Jawa Timur dengan didampingi oleh DLH Kab Ngawi juga melaksanakan verifikasi lapangan pada salah satu Calon Penerima Penghargaan Eco Pesantren Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 yaitu Pondok Pesantren Al Hidayah Sondriyan Tegalsari, Majasem, Kec Kendal, Kab Ngawi, Jawa Timur pada hari Selasa (25/10/2022).


Eco-pesantren merupakan suatu konsep pengelolaan pondok pesantren yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Program ini bertujuan untuk mendorong peningkatan pengetahuan, kepedulian, kesadaran dan peran serta aktif warga pondok pesantren terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup berdasarkan ajaran agama Islam.


Dengan adanya program Eco Pesantren ini diharapkan menjadi wadah bagi Pondok Pesantren untuk memasyarakatkan dan membudayakan pesantren yang peduli dan berbudaya lingkungan mulai dari menjaga kebersihan, sanitasi, pengolahan sampah dan air limbah, konservasi air dan energi, serta penyediaan makanan yang bersih dan halal.  Selain itu, upaya pengembangan masyarakat yang berkarakter peduli lingkungan dimungkinkan dapat efektif melalui pendidikan lingkungan di lembaga pendidikan khususnya pesantren, sehingga dapat terwujud generasi muda muslim yang peduli dengan lingkungan sekitarnya.


Selain itu, program Eco-pesantren ini diharapkan akan menjadi program unggulan bagi dunia Islam dan sistem pendidikan Islam untuk membangun generasi muda muslim melalui sinergi keimanan dan ilmu pengetahuan serta membangkitkan kesadaran lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat yang berkelanjutan.

Berita Terpopuler
Card image cap

Halal Bihalal Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur

17 Apr 2024 15:58:18

dlh-jatim

Selasa (16/4) merupakan awal m...

Card image cap

Pembinaan ASN dan Non ASN yang BERAKHLAK

20 Mar 2024 13:50:07

dlh-jatim

Dalam rangka peningkatan kapas...

Card image cap

Pengawasan Penataan Lingkungan Hidup Industri Kimia

15 Mar 2024 14:42:22

dlh-jatim

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) P...