Upaya DLH Provinsi Jawa Timur terhadap permasalahan pemanasan global dan perubahan iklim

26 Feb 2024 11:38:16
Responsive image
... ... ... ... ... ... ...

Permasalahan terbesar lingkungan hidup saat ini adalah pemanasan global dan perubahan iklim yang menjadi penyebab utama kerusakan lingkungan, sehingga memberikan dampak buruk seperti intensitas hujan sangat tinggi, ketidakpastian musim hujan dan kemarau akhirnya muncul banyak sekali bencana alam antara lain yaitu bencana banjir, longsor ataupun kekeringan yang panjang. Untuk itulah dibutuhkan komitmen dari semua aspek baik pemerintah ataupun masyarakat itu sendiri untuk ikut menjaga bumi kita dari pencemaran dan kerusakan.

Program Adiwiyata adalah salah satu upaya pemerintah dalam melakukan pendidikan lingkungan hidup di dunia pendidikan dengan tujuan untuk mendorong dan membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi generasi sekarang maupun yang akan datang. Masyarakat perlu didorong melakukan upaya-upaya sederhana menuju budaya ramah lingkungan (green lifestyle) seperti menghemat penggunaan listrik dan air, menanam dan memelihara pohon, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor serta menerapkan konsep 3 R (reduce, reuse dan recycle) dalam mengelola sampah. Sampai saat ini Program Adiwiyata di Provinsi Jawa Timur telah dilakukan mulai thn 2008 dan sampai pada tahun 2024 Provinsi Jawa Timur memiliki 1.555 Sekolah Adiwiyata Provinsi, 871 Sekolah Adiwiyata Nasional dan 349 Sekolah Adiwiyata Mandiri tersebar di 38 Kabupaten dan kota di Jawa Timur. Sampai saat ini Provinsi Jawa Timur memiliki jumlah sekolah Adiwiyata terbanyak diantara seluruh provinsi di Indonesia (data KLHK).

Melalui kegiatan Bimbingan Teknis Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) Provinsi Jawa Timur secara hybrid (offline dan online) yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 20-21 Februari 2024, diharapkan bisa menjadi forum komunikasi dan suatu gerakan yang memiliki dimensi yang luas  untuk mempersiapkan  transformasi kepedulian lingkungan terutama bagi Gen-Z dan milenial. Perubahan gaya hidup yang lebih peduli terhadap lingkungan harus mulai dibiasakan sehingga dua generasi tersebut dapat berperan aktif dalam pelestarian lingkungan dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Untuk lebih lengkapnya bisa langsung ke Youtube : https://youtu.be/PL3b7_NzesU dan https://youtu.be/f9fjYTQKByI

Berita Terpopuler
Card image cap

Halal Bihalal Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur

17 Apr 2024 15:58:18

dlh-jatim

Selasa (16/4) merupakan awal m...

Card image cap

Pembinaan ASN dan Non ASN yang BERAKHLAK

20 Mar 2024 13:50:07

dlh-jatim

Dalam rangka peningkatan kapas...

Card image cap

Pengawasan Penataan Lingkungan Hidup Industri Kimia

15 Mar 2024 14:42:22

dlh-jatim

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) P...