Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Timur Tahun 2023

13 Oct 2023 09:48:59
Responsive image

(12/10) Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur melaksanakan Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 yang di pimpin oleh inspektur upacara Kepala UPT Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur. Sesuai tema dari Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-78 Tahun 2023 adalah "Jatim Bangkit, Terus Maju" karena itu dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur menyatakan bahwa kita juga membutuhkan kerja cerdas, kerja partisipatoris, kerja berinisiatif, kerja berkolaborasi, Kerja yang inovatif (IKI). Hanya dengan kemampuan dan kecerdasan membangun kerja yang berinisiatif, kolaboratif dan inovatif yang melibatkan semua warga dan aktor-aktor strategis Jawa Timur (partisipators) kita dapat menghasilkan tidak saja warga Jawa Timur yang berbahagia dan Sejahtera namun juga menghasilkan putra-putri Jawa Timur sebagai Game Changer (pengubah permainan atau keadaan). Sosok Game Changer yang dibutuhkan pada zaman yang tengah berada dipersimpangan antara maju dan mundur, antara hidup dan mati, antara dinamis atau statis. Semua hal itu merupakan tantangan besar yang membutuhkan usaha yang keras, cerdas dan inovatif.  Semua hanya bisa berjalan apabila kita memiliki pemuda-pemuda yang tangguh, sat-set wat wet yang memiliki karakter dan kekuatan sebagai game changer.  Sebab pada zaman yang tengah berubah, kita membutuhkan SDM dan aktor-aktor yang mampu merubah jalannya permainan.

Sedikit mengulas tentang bagaimana proses sampai adanya hari jadi Provinsi Jawa Timur adalah setelah Proklamasi Kemerdekaan, Pemerintah Republik Indonesia mulai menata kehidupan kenegaraan. Berdasarkan Pasal 1 Undang-Undang Dasar 1945 pada tanggal 19 Agstus 1945 pada tanggal 19 Agustus 1945 oleh PPKI dibentuklah Provinsi dan penentuan para Gubernurnya. Untuk pertama kalinya R.M.T. Soerjo yang kala itu menjabat Residen Bojonegoro ditunjuk sebagai Gubernur Jawa Timur yang pertama. R.M.T. Soerjo yang dilantik tanggal 5 September 1945, sampai tanggal 11 Oktober 1945 harus menyelesaikan tugas-tugasnya di Bojonegoro, dan baru pada tanggal 12 Oktober 1945 boyong ke Surabaya, Ibukota Provinsi Jawa Timur, yang menandai mulai berputarnya mekanisme Pemerintahan Provinsi Jawa Timur.

Atas dasar pertimbangan perjalanan sejarah inilah, maka diterbitkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2007 tentang Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang menetapkan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Jadi Jawa Timur dan akan diperingati secara resmi setiap tahun, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur.

"Dirgahayu Jawa Timur, Jawa Timur Bangkit dan Terus Melaju"

Berita Terpopuler
Card image cap

Halal Bihalal Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur

17 Apr 2024 15:58:18

dlh-jatim

Selasa (16/4) merupakan awal m...

Card image cap

Pembinaan ASN dan Non ASN yang BERAKHLAK

20 Mar 2024 13:50:07

dlh-jatim

Dalam rangka peningkatan kapas...

Card image cap

Pengawasan Penataan Lingkungan Hidup Industri Kimia

15 Mar 2024 14:42:22

dlh-jatim

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) P...