PUNCAK PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2023 DI KABUPATEN MALANG

07 Sep 2023 12:06:39
Responsive image
... ... ... ... ... ... ... ... ...

Senin (4/9) telah dilaksanakan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 di Markas Komando Divisi Infanteri 2/Kostrad Singosari Malang  Jl. Raya Malang - Surabaya, Kab. Malang yang dibuka secara langsung oleh Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Tema Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini adalah ‚ÄúSolusi untuk Polusi Plastik / Beat Plastic Pollution" seperti yang telah disampaikan oelh Ibu Gubernur Jawa Timur dalam sambutannya bahwa peningkatan penggunaan produk plastik sekali pakai tiap tahunnya sangatlah tinggi sehingga membebani dalam pengelolaannya. Setiap tahun, sampah plastik membunuh jutaan hewan, mulai dari burung, ikan, hingga organisme laut. Berbeda dengan sampah plastik di tanah yang mungkin tidak terkena sinar matahari jika tertimbun, sampah plastik di lautan dapat terpapar sinar ultraviolet matahari. Seiring waktu, kondisi ini menyebabkan terjadinya fotodegradasi yang memecah plastik menjadi ukuran kecil-kecil. Bahan beracun dari plastik yang telah terpecah-pecah itu, seperti bisphenol A (BPA), masuk dalam rantai makanan karena termakan oleh makhluk hidup di laut. Komponen plastik yang bertebaran di udara dapat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Misalnya, plastik jenis polyvinyl chloride (PVC) yang mengandung halogen dapat memproduksi dioksin apabila dibakar. Fakta-fakta tersebut menunjukkan bahwa sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik telah menjadi ancaman nyata bagi makhluk hidup. 

Pembangunan lingkungan di Jawa Timur dalam perjalanannya, secara praktis melembaga dan semakin beraktualisasi dengan nyata. Kondisi tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi kita sebagai warga Jawa Timur. Sebagai wujud kepedulian atas pengelolaan lingkungan hidup, Provinsi Jawa Timur pada kegiatan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 di Kab. Malang melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pelayanan Pengujian dan Pengambilan Contoh Uji Kualitas Lingkungan antara DLH Provinsi Jawa Timur dengan 6 (enam) DLH Kabupaten/Kota yaitu DLH Kab. Probolinggo, DLH Kab. Jombang, DLH Kab.Tulungagung, DLH Kab.Sidoarjo, DLH Kab. Tuban dan DLH Kota Probolinggo serta Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pengelolaan Wilayah Sungai (WS) Brantas antara Ibu Gubernur dengan Pihak Swasta sebanyak 13 (Tiga Belas) Perusahaan yaitu PT Garuda Food; PG Rajawali I; PT Wings Surya; PT Kimia Farma Tbk; PT Semen Indonesia Tbk; PT Sinergi Gula Nusantara; PT Greenfield Indonesia; PT Petrokimia Gresik; PT Ajinomoto; PT Daesang Ingredients Indonesia; PT Ekamas Fortuna; PT Pertamina Patra Indonesia Jawa Bali Nusra dan PT Smelting.

Dalam kegiatan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun Provinsi Jawa Timur 2023 dilakukan juga Gerakan Penanaman 10.000 Pohon sebagai Sedekah Oksigen serta Panen Raya Hortikultura di area Markas Komando Divisi Infanteri 2/Kostrad Singosari Malang. Secara simbolis Gubernur Khofifah dan Pangdivif 2 Kostrad Haryanto menanam tanaman Alpukat Aligator. Usai menanam, keduanya pun melakukan panen tanaman holtikultura berupa sawi pakcoy, selada merah, selada hijau atau lettuce. Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif.

Semoga lingkungan di Jawa Timur makin sehat, nyaman, bersih dan lestari.