Patroli Air dalam rangka Peringatan Hari Sungai 2023

28 Jul 2023 09:11:02
Responsive image
... ... ... ...

Patroli Air kali ini diadakan bertepatan dengan peringatan Hari Sungai pada tanggal 27 Juli 2023 bertempat di Kali Surabaya atau DAS Brantas Hilir. Patroli Air juga dilakukan secara berkala setiap satu bulan sekali diikuti oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur,  Perum. Jasa Tirta, Balai Besar Wilayah Brantas,  Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur, BPBD Provinsi Jawa Timur, Garda Lingkungan, Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur, Laboratorium Laboratorium Lingkungan PJT 1 Mojokerto dan Universitas Airlangga.  

Patroli Air dimulai dari Sungai Brantas area Wringin Anom Kabupaten Gresik dan berakhir di kantor PJT 1 Karah Surabaya, patroli air bersama tersebut dilaksanakan melalui kegiatan susur sungai di sepanjang Kali Surabaya yang bertujuan untuk observasi kinerja instansi pengolah air limbah industri dan kegiatan usaha lainnya yang air limbahnya dibuang ke Kali Surabaya beserta anak sungai dan sebagai kegiatan pembinaan untuk peningkatan ketaatan penanggung jawab usaha dan atau kegiatan dalam pengelolaan sumber daya air dan pengelolaan air dan atau sumber air lintas Kabupaten/Kota. 

Kegiatan tersebut dibagi 3 (tiga) tahap yang pertama adalah persiapan kedua adalah pelaksanaan yang ketiga adalah monitoring dan evaluasi. Untuk kegiatan persiapan dilakukan dengan menjelaskan hasil atau catatan patroli sebelumnya, pengecekan terhadap perahu patroli,  pengecekan terhadap alat pengambilan sampling atau dari laboratorium serta persiapan alat dokumentasi, kotak kesehatan. Dalam pelaksanaannya patroli air dibagi menjadi 2 (dua) tim.

Kegiatan patrol air tersebut mengamati secara visual segala bentuk kegiatan yang mempengaruhi fungsi kualitas dan kuantitas sungai seperti pengamatan terhadap perahu tambangan yang ada di atas sungai, pengamatan terhadap jembatan liar yang ada di atas sungai, pengamatan terhadap sampah yang berada di tempat pembuangan sementara liar di bantaran sungai, juga mengamati kondisi kecerahan air dengan melihat warna jernih keruh ataupun hitam sebagai indikasi adanya pencemaran sungai, kemudian mengamati ketinggian air dan arus air. Selain itu kami juga melaksanakan sampling terhadap limbah perusahaan yang melakukan pembuangan air ke Kali Surabaya.

Dalam kegiatan patroli hari ini tim mengambil sampling di PT. Event Creator dan PT. Daesang pengambilan sampling dilakukan oleh tim laboratorium Perum Jasa Tirta 1 yang berada di Mojokerto. Kemudian dilakukan pengamatan terhadap bangunan yang mengganggu fungsi sungai yaitu bangunan-bangunan liar yang dibangun di atas bantaran sungai tanpa rekomendasi teknis atau persetujuan dari Balai Besar Wilayah Sungai dan juga dilakukan pengamatan terhadap tempat pengumpulan sampah liar di pinggir-pinggir sungai.

Adapun catatan patroli pada hari ini adalah pertama terdapat jembatan yang dibangun secara liar oleh Bumdes Sukorame Kecamatan Wringin Anom Kabupaten Gresik, jembatan ini dibangun di atas sungai tanpa rekomendasi dan melanggar peraturan terkait tentang bangunan di atas sungai dalam hal ini telah ditindaklanjuti dengan dilakukan pengamatan di lokasi dan diambil data serta diberkas untuk kemudian di teruskan kepada instansi terkait yaitu Balai Besar Wilayah Sungai untuk ditindaklanjuti, yang kedua identifikasi tempat pembuangan sampah liar yang ada di kanan kiri bantaran sungai baik di wilayah Kabupaten Sidoarjo Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya, yang ketiga masih terdapat banyak tambangan liar yang ada di Sungai Brantas hal ini akan dilanjuti tindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan terkait pelaksanaan dasar hukum dan sanksi yang akan diberikan.


Berita Terpopuler
Card image cap

Halal Bihalal Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur

17 Apr 2024 15:58:18

dlh-jatim

Selasa (16/4) merupakan awal m...

Card image cap

Pembinaan ASN dan Non ASN yang BERAKHLAK

20 Mar 2024 13:50:07

dlh-jatim

Dalam rangka peningkatan kapas...

Card image cap

Pengawasan Penataan Lingkungan Hidup Industri Kimia

15 Mar 2024 14:42:22

dlh-jatim

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) P...