APEL KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI DAMPAK EL NINO DAN BANJIR TAHUN 2023/2024

29 Sep 2023 08:34:36
Responsive image
... ... ... ... ... ...

(27/09) Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur hadir dalam pelaksanaan apel kesiapsiagaan menghadapi dampak El Nino dan bajir Tahun 2023/2024 di Bendungan Selorejo, Desa Banturejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang yang dipimpin langsung oleh Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Apel Kesiapsiagaan yang di hadiri dan diikuti berbagai Instansi diantaranya Danrem 083/Bdj Malang, Kapolres Batu, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jatim, BPBD Prov. Jatim, Dinas PU Bina Marga Prov. Jatim, Dinas Kehutanan Prov. Jatim, Dinas Sosial Prov. Jatim, Dinas Lingkungan Hidup Prov. Jatim, Satuan Polisi Pamong Praja Prov. Jatim, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali, Kantor BASARNAS Surabaya, Perum Jasa Tirta I, Dinas PU Sumber Daya Air Kab. Malang, BPBD Kab. Malang-Kota Malang-Kota Batu dan Satpol PP Kota Batu.
Melalui Apel Kesiapsiagaan ini, Gubernur Jawa Timur menginstruksikan seluruh stakeholder bersama-sama melakukan mitigasi, quick response atas semua yang memang harus kita berikan layanan terbaik untuk seluruh elemen masyarakat. Pada Apel Kesiapsiagaan ini, Gubernur Jawa Timur juga melakukan rangkaian kegiatan diantaranya Pemberian santunan kepada anak yatim, Penyerahan Penghargaan (Tim Siaga Banjir Terbaik-UPT PSDA WS Welang Pekalen, Pengelola Irigasi Terbaik-UPT PSDA WS Kepulauan Madura, Tim Koordinasi Pengelolaan SDA Terbaik-UPT PSDA WS Bondoyudo Baru, Operasi Pemeliharaan Jaringan Irigasi Terbaik-UPT PSDA WS Bengawan Solo, Pekarya Jaringan Irigasi Terbaik-UPT PSDA WS Brantas di Kediri, Pengelolaan Kinerja DAS Berkelanjutan Terbaik-UPT PSDA WS Sampean Stail, Komunitas Peduli Sungai Terbaik-Sekolah Sungai Brantas Berdaya), Penyerahan TAli Asih kepada PPA Pekarya, Penyerahan Life Jacket Kepada Nelayan di Selorejo, Penyerahan Simbolis Kunci Escavator kepada Dinas PU SDA Jatim, Peninjauan Alat Kesiapsiagaan El Nino dan Banjir, Penanaman Pohon Alpukat dan Penebaran Benih Ikan Nila di Waduk Selorejo.
Tujuan pelaksanaan apel ini adalah sebagai upaya kesiapsiagaan kita dalam menghadapi bencana terhadap kemungkinan dampak El Nino yang diprediksi akan melanda sejumlah daerah di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan. El Nino merupakan fenomena pemanasan suhu muka laut diatas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah, dimana dampaknya dapat menyebabkan kekeringan di Indonesia untuk itulah perlu antisipasi terhadap terjadinya dampak tersebut.
Semoga kita semua diberikan kesabaran, kesehatan dan keselamatan dalam menghadapi segala macam kemungkinan yang akan terjadi, aamiin.

Berita Terpopuler
Card image cap

Halal Bihalal Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur

17 Apr 2024 15:58:18

dlh-jatim

Selasa (16/4) merupakan awal m...

Card image cap

Pembinaan ASN dan Non ASN yang BERAKHLAK

20 Mar 2024 13:50:07

dlh-jatim

Dalam rangka peningkatan kapas...

Card image cap

Pengawasan Penataan Lingkungan Hidup Industri Kimia

15 Mar 2024 14:42:22

dlh-jatim

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) P...