Aksi Bersih Negeri di Pantai Tiga Dermaga Pamekasan

13 Mar 2024 11:43:56
Responsive image

Sampah spesifik di pesisir dan laut meliputi  kemasan plastik, botol air mineral, kain, sandal jepit, bahkan bantal dan kasur. Sampah-sampah tersebut dapat menurunkan kualitas air laut, menyebabkan kematian ikan karena perutnya terisi plastik atau karena terjerat, berkurangnya populasi ikan dan keindahan pantai sebagai tempat wisata. 

Jumlah sampah spesifik di laut tidak dapat berkurang secara alami, karena plastik tidak dapat hancur dalam kurun waktu puluhan sampai ratusan tahun. Jumlah sampah di laut dari hari ke hari akan semakin menumpuk, apabila kita tidak segera berubah dan masih terus membuang sampah ke sungai, laut dan pantai. 

Aksi bersih-bersih sampah bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat agar menjaga pantai tetap bersih demi kelestarian ekosistem pantai, dimana hal dapat dipantau dari nilai indeks kualitas air laut, sehingga dapat menjamin kemakmuran masyarakat di wilayah sekitar pantai, Jum'at (8/3) di Pantai Tiga Dermaga Desa Brantah Pesisir Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan, kali ini dilakukan aksi bersih negeri melalui gerakan bersih-bersih pantai dan menanam pohon untuk menjadikan pantai ini bersih, indah dan bebas sampah.

Sebanyak 300 peserta dari berbagai unsur terlibat dalam aksi bersih negeri antara lain Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Masyarakat dan Karang Taruna Desa Branta Pesisir, Pelajar SMKN 1 Tlanakan, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pamekasan, Kodim 0826/Pamekasan, Satpolairud Polres Pamekasan, BPBD Pamekasan dan OPD Terkait lainnya serta Mitra Pendukung Aksi diantaranya PT. Garam, Husky CNOOC Madura Limited, Forum CSR Jawa Timur.

Aksi Bersih Negeri di Pantai Tiga Dermaga berhasil mengumpulkan 2.828 kg sampah dari pesisir pantai dengan area pembersihan sebesar 7.629 m2. Selain Bersih-Bersih pantai juga dilakukan penanaman 25 bibit mangrove cemara udang serta penyerahan 5 unit dropbox sampah ke pemerintah Kabupaten Pamekasan. Setelah terkumpul, sampahnya dapat ditimbang, bagi kelompok yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak akan mendapatkan hadiah. 

Semoga kegiatan seperti ini dapat tetap berlangsung berkesinambungan dan menjadi kebiasaan baik buat kita semua.