Ibu Gubernur Jawa Timur membuka secara resmi Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022

19 Sep 2022 09:41:13
Responsive image
... ... ... ... ...

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur menggelar Jatim Environment Exhibition & Forum 2022 yang dilaksanakan mulai tanggal 12-14 September 2022 bertempat di Jatim International Expo (JIE), Surabaya.
Pada hari pertama yaitu Senin (12/9/2022), diselenggarakan acara seremonial Pembukaan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 bertajuk Jatim Environment Exhibition & Forum 2022 yang dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur Ibu Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa,M.Si didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Bpk Dr. Ardo Sahak,SE,MM dan dihadiri pula oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Rosa Vivien Ratnawati,SH.,M.Sc.
Dalam sambutannya, Ibu Gubernur Khofifah mengatakan pentingnya penyiapan kebijakan-kebijakan strategis agar bisa menjaga bumi dan mendukung seluruh ekosistem alam.
"Tugas kita adalah menyembuhkan dunia, kita mendapat mandat untuk itu. Kita harus terus berikhtiar melakukan percepatan pengelolaan sampah, limbah, serta Bahan Beracun dan Berbahaya atau B3. Semoga daya dukung alam dan lingkungan bisa kita jaga sebaik mungkin dengan penguatan sinergi dari seluruh pegiat lingkungan hidup dan seluruh elemen di Jawa Timur," ujarnya.
Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Bapak Ardo Sahak menjelaskan, dalam rangka mencapai visi dan misi Gubernur Jatim, Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan beberapa kegiatan program, antara lain: program perencanaan lingkungan hidup, program pengendalian B3 dan Limbah B3, serta Program pengelolaan persampahan.
"Dalam mendukung visi dan misi Ibu Gubernur Jawa Timur, dilaksanakan program-program pengendalian pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup, program pembinaan dan pengawasan terhadap izin lingkungan serta izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, program penghargaan lingkungan hidup untuk masyarakat, serta program pengakuan keberadaan Masyarakat Hukum Adat (MHA), kearifan lokal, dan hak MHA terkait Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH)," terang Bapak Ardo Sahak.
Adapun Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun, dan Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rosa Vivien Ratnawati berpesan agar peringatan Hari Lingkungan Hidup menjadi momen penting untuk terus memperbaiki dalam perilaku adil terhadap lingkungan.
"Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif, tidak lain dalam satu arah sejalan dengan tujuan nasional dan cita-cita bangsa," kata Ibu Dirjen Vivien.
Untuk menambah semarak acara Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, Kegiatan Jatim Environment Exhibition & Forum 2022 yang digelar selama 3 hari ini diisi oleh berbagai macam kegiatan antara lain:
1. Pameran inovasi dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diikuti oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota di Jawa Timur, perusahaan atau industri, perguruan tinggi, dan masyarakat pegiat lingkungan dengan jumlah peserta pameran, Perusahaan BUMN/ swasta sejumlah 38 stand, PT negeri dan swasta 9 stand, DLH Prov /kabupaten /kota 11 stand serta pegiat lingkungan (desa/kelurahan berseri/proklim, sekolah adiwiyata, dan eco pesantren sejumlah 10 stand.
2. Penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama Pengelolaan Sampah Regional antara Provinsi Jawa Timur dengan Kab Gresik, Kab Lamongan, Kab Sidoarjo, Kab Mojokerto, Kota Mojokerto, Kab Kediri, dan Kota Kediri.
2. Peluncuran Aplikasi Sistem Layanan Laboratorium Berbasis Informasi (SILABI) untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan uji kualitas lingkungan hidup.
3. Pemberian penghargaan lingkungan hidup diantaranya yaitu Penghargaan Adiwiyata, Kalpataru, Kelurahan atau Desa Berseri dan Program Kampung Iklim.
4. Talkshow dan Sarasehan seputar pengelolaan Lingkungan Hidup
5. Pelaksanaan Lomba-Lomba Hari Lingkungan Hidup diantaranya yaitu Lomba Yel-Yel, Lomba Foto, Lomba Video TikTok, Lomba Mural, dan lomba-lomba lainnya.

Berita Terpopuler
Card image cap

PENERIMAAN ASN PPPK TAHUN 2023 PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI JA...

06 May 2024 15:17:16

dlh-jatim

Jum'at (3/5) Dinas Lingkungan...

Card image cap

Halal Bihalal Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur

17 Apr 2024 15:58:18

dlh-jatim

Selasa (16/4) merupakan awal m...

Card image cap

Pembinaan ASN dan Non ASN yang BERAKHLAK

20 Mar 2024 13:50:07

dlh-jatim

Dalam rangka peningkatan kapas...