Patroli Air tanggal 26 Januari 2023

02 Feb 2023 13:38:08
Responsive image
... ... ... ... ... ... ...

Pada hari Kamis tanggal 26 Januari 2023 Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dalam hal ini Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup melakukan susur sungai Brantas dari daerah Wringinanom dan berakhir di daerah Gunungsari bersama dengan Perusahaan Jasa Tirta, Balai besar Wilayah Sungai Brantas, Satuan Pol PP Provinsi Jawa Timur dan LSM Konsursium Lingkungan Hidup.

Dimana tujuan dari Patroli air ini adalah :

1. Identifikasi Potensi Pencemar yang ada di sungai Brantas

2. Monitoring Kuantitas dan Kualitas Air Sungai Brantas 

3. Memberikan informasi kepada masyarakat terkait Kegiatan kegiatan pencemaran dan kerusakan lingkungan yang terjadi di sungai Brantas

4. Pembinaan dan pengawasan industri, Usaha dan Kegiatan potensi pencemar di  sungai brantas

Kegiatan Patroli Air ini adalah kegiatan rutin setiap 1 (satu) bulan sekali dilakukan oleh DLH Provinsi Jawa Timur berkoordinasi dengan Perum Jasa Tirta melakukan susur sungai dan sidak terhadap pembuangan limbah di wilayah sungai Brantas hilir. 

Pada kegiatan patroli air kali ini dilakukan menggunakan 2 (dua) buah perahu menyusuri sepanjang sungai dan memantau bantaran serta memantau aktivitas industri disekitar sungai tersebut. Adapun permasalahan yang ditemukan oleh tim adalah semakin banyaknya penambangan liar dan telah dilakukan pengambilan sampling air.


#Sobatjatim

#PemulihanKerusakanLahan2023