Kegiatan Rapat Koordinasi dan Pembinaan Jabatan Fungsional Pengawas Lingkungan Hidup Tahun 2022

28 Nov 2022 15:56:54
Responsive image
... ... ... ... ... ... ... ... ...

Kegiatan Rapat Koordinasi dan Pembinaan Pegawai dengan Jabatan Fungsional Pengawas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan pada tanggal 24 November 2022 bertempat di Bakorwil III Malang.

Kegiatan tersebut diselenggarakan secara hybrid (offline dan online) dengan peserta yang hadir secara langsung berjumlah sekitar 60 peserta sedangkan yang hadir via Zoom sekitar 20 peserta.

Hadir sebagai narasumber pertama pada kegiatan ini yaitu Ibu Dewi Sri Kurniawati, S.Si, M.Si selaku Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH) Ahli Madya pada Direktorat Pengaduan Pengawasan dan Sanksi Administrasi LHK, Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Ditjen Gakkum) KLHK RI. Dalam paparannya, beliau menjelaskan tentang Implementasi Kebijakan Jabatan Fungsional Pengawas Lingkungan Hidup Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 22 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Lingkungan Hidup Khususnya Pasca Penyederhanaan Birokrasi.

Paparan selanjutnya dari narasumber kedua yaitu Ibu Ir. Saptanti Rahayu, M.M selaku Analis Kepegawaian Ahli Madya pada Sekretariat Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK RI. Melalui presentasi yang beliau bawakan pada sesi kedua rapat tersebut, beliau menjelaskan terkait Penerapan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Pengawas Lingkungan Hidup mulai dari Teknis Penyusunan Dokumen Pengusulan Angka Kredit hingga Teknis Pengusulan Angka Kredit itu sendiri.

Dengan hadirnya para narasumber dari Ditjen Gakkum KLHK RI melalui penyampaian materi-materi yang menambah banyak wawasan dan pengetahuan seputar tugas pokok dan fungsi dari seorang Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup, para peserta terlihat sangat antusias untuk mengikuti jalannya kegiatan rapat ini yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada para narasumber. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para pegawai dengan Jabatan Fungsional Pengawas Lingkungan Hidup yang ada di Jawa Timur dapat memahami kebijakan-kebijakan baru terkait segala hal yang berhubungan dengan kegiatan pengawasan lingkungan dan lebih mudah dalam melakukan pembuatan Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit (DUPAK) dan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang nantinya akan dipergunakan untuk menilai hasil kinerja pegawai dan merupakan salah satu aspek penting dalam kenaikan jenjang dan pangkat bagi pegawai dengan Jabatan Fungsional salah satunya yaitu Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup.