Verifikasi dan Validasi Lapangan Penerima Penghargaan Kalpataru Tahun 2023 (Kategori Pengabdi Lingkungan)

08 May 2023 11:04:19
Responsive image
... ... ... ... ... ... ... ...

Pada tanggal 3 Mei 2023 telah dilaksanakan Pendampingan Verifikasi Lapangan Kalpataru Tahun 2023 oleh Tim Verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dan perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang telah diterima langsung oleh Bupati Lumajang, Bapak Thoriqul Haq di Ruang Rapat Mahameru, Kantor Bupati Lumajang.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: 60/Menlhk-Setjen/2015 tentang Peran Masyarakat dan Pelaku Usaha dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Nominator Kalpataru tersebut adalah Bapak Hariyadi Eko Romadon dengan kategori Pengabdi Lingkungan. Pengabdian Bapak Hariyadi Eko Romadon di mulai di tahun 2003 sejak di tetapkan menjadi Ketua RW 5 di Kelurahan Ditotrunan selama 2 periode. Beliau sendiri merupakan Rektor Universitas Lumajang yang masih aktif sampai sekarang. Terpilihnya Bapak Hariyadi Eko Romadon menjadi Ketua RW merupakan cikal bakal perubahan kebiasaan masyarakat di Kelurahan Ditotrunan.

Dampak Lingkungan yang langsung dirasakan warga adalah terciptanya lingkungan pemukiman perkotaan yang bersih sehat serta ramah lingkungan serta ramah anak.  "Kami optimis, pak eko ini bukan sekedar soal kalpataru, atau karena diusulkan. Pengabdian ini sudah dilakukan pak eko, sungai yang dulu tidak menjadi manfaat kini menjadi income ekonomi, di gang situ dulu kumuh, sekarang bersih, ini menjadi contoh untuk kampung di kota-kota," terang Bupati Lumajang, Bapak Thoriqul Haq. Sudah sejak lama, pemerintah sangat konsen terhadap isu lingkungan. Sehingga banyak kebijakan yang dilahirkan salah satunya mempertimbangkan unsur lingkungan. Bapak Triyaka (KLHK) pun mengapresiasi komitmen dan dukungan Pemerintah Kabupaten Lumajang terhadap isu kelestarian lingkungan.

Berita Terpopuler
Card image cap

Pembinaan ASN dan Non ASN yang BERAKHLAK

20 Mar 2024 13:50:07

dlh-jatim

Dalam rangka peningkatan kapas...

Card image cap

Pengawasan Penataan Lingkungan Hidup Industri Kimia

15 Mar 2024 14:42:22

dlh-jatim

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) P...

Card image cap

Aksi Bersih Negeri di Pantai Tiga Dermaga Pamekasan

13 Mar 2024 11:43:56

dlh-jatim

Sampah spesifik di pesisir dan...