Kegiatan Penanaman Pohon dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Kab Trenggalek

12 Dec 2022 08:51:58
Responsive image

Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh setiap tanggal 28 November, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur berkolaborasi dengan Pemkab Trenggalek menggelar Gerakan menanam sejuta pohon di Kecamatan Gandusari.

Kegiatan yang dilangsungkan pada Sabtu 10 Desember 2022 tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, perwakilan Ditjen Perubahan Iklim Kementrian LHK, Ditjen Rehabilitasi Hutan Kementerian LHK , Bupati Trenggalek, Bupati Blitar serta Walikota Blitar.

Dalam acara itu, Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa melakukan penanaman bibit tanaman alpokat aligator dan pelepasan 200 ekor burung kutilang ke alam bebas.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Bapak Jempin Marbun dalam sambutannya menyampaikan bahwa latar belakang kegiatan ini dilaksanakan di desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek yakni Selain merupakan desa Proklim (Program Kampung Iklim), Desa tersebut juga sebagai wilayah penampung air bersih untuk warga sekitar.

“Pemilihan lokasi desa Sukorejo, Kecamatan Gandu Sari, Kabupaten Trenggalek merupakan desa Proklim hutan nasional Tahun 2022 dan merupakan bekas tambang yang di dalamnya terdapat sumber mata air”, kata beliau.

Bapak Jempin Marbun juga menyampaikan bahwa gerakan menanam sejuta pohon tersebut diharapkan menjadi momentum untuk menyadarkan masyarakat agar lebih aktif dan peduli dalam menyelamatkan lingkungan yang secara tidak langsung juga dapat meningkatkan produksi oksigen untuk keberlangsungan hidup umat manusia.

“Dimana sumber mata air ini dimanfaatkan untuk menopang kebutuhan air bersih untuk masyarakat sekitar dan juga area sekitarnya adalah area yang rawan longsor sehingga perlu dipertahankan untuk daerah reboisasi. Selain itu, gerakan menaman sejuta pohon ini harapannya dapat menjadi momentum untuk kita agar semakin peduli lingkungan, sehingga apa yang kita lakukan dapat mengurangi dampak pemanasan global, serta menyimpan air hujan yang masuk ke dalam tanah dan mengikat air tanah. Sehingga kesuburan tanah bisa terjaga dengan sempurna”, lanjutnya.

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur juga melakukan serangkaian kegiatan beberapa waktu yang lalu dalam upaya menjaga kelestarian alam. Antara lain kegiatan penebaran bibit ikan yang bertujuan untuk pemberdayaan sumber daya ikan di Desa Sukorejo.

“Selain itu dilakukan penanaman 2000 pohon mangrove di pantai taman Kili-Kili, 4000 pohon di Kecamatan Panggul Trenggalek, dan penanaman sejumlah 8000 pohon di desa panggul dan di desa Gayam Trenggalek”. Terang Bapak Jempin Marbun.

Sumber: Media Central (https://mediacentral.info/2022/12/10/dinas-lingkungan-hidup-jatim-gelorakan-gerakan-menanam-sejuta-pohon/)