Hari Lahan Basah Sedunia

02 Feb 2023 08:44:27
Responsive image

Hari Lahan Basah Sedunia diperingati pada setiap tanggal 2 Februari dan untuk tema Hari Lahan Basah Sedunia 2023 adalah “Wetland Restoration” atau “Restorasi Lahan Basah”.

Peringatan ini sebagai tindak lanjut kesepakatan dalam Konvensi Ramsar, suatu Konvensi Internasional tentang lahan basah pada tanggal 2 Februari 1971. Lahan basah dapat diartikan sebagai setiap wilayah yang tergenang oleh air dangkal, baik sebagian atau seluruhnya, dan secara permanen atau musiman. Baik genangan tersebut terbentuk secara alami ataupun buatan, tergenang oleh air tawar, payau, maupun air asin, serta berupa air diam maupun mengalir.

Bahwa lahan basah bisa mencegah erosi tanah dan mencegah datangnya banjir. Jadi, lahan basah bukan hanya untuk menjaga kekayaan hayati, hewan dan tumbuhan semata.

Lahan basah merupakan penyangga kehidupan dengan fungsi sebagai berikut:

1. Penyedia Air Bersih

Lahan basah menyimpan dan menyediakan air, serta secara alami menyaring polutan.

2. Sumber Pangan

Dengan memperbaiki praktek pengelolaan air dan pertanian di lahan basah, ketahanan pangan jangka panjang dapat terjamin dan keanekaragaman hayati pun meningkat.

3. Kesejahteraan

Lahan basah seringkali dijadikan sebagai penggerak ekonomi lokal. Lebih dari satu miliar orang bergantung pada lahan basah sebagai sumber penghasilan.

4. Habitat Flora Dan Fauna

Sekitar 40% spesies makhluk hidup berkembang biak di lahan basah dan setiap tahun sekitar 200 spesies ikan baru ditemukan di lahan basah air tawar.

5. Penyimpan Karbon

Lahan basah merupakan salah satu penyimpan karbon permukaan (top carbon) bumi. Dengan melestarikan dan memulihkan lahan basah kita dapat mengurangi emisi karbon.

6. Melindungi Dari Bencana

Lahan basah memberikan perlindungan dari banjir dan badai dengan menyerap 1,5 juta galon air pada setiap hektar lahan basah. Lahan basah juga dapat membantu mengatur iklim.


(Sumber: www.worldwetlandsday.org)