BIMBINGAN TEKNIS HUMAS PEMERINTAH TAHUN 2023

09 Feb 2023 11:01:31
Responsive image
... ... ... ... ...

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur pada tanggal 2 Februari 2023 telah mengadakan kegiatan BIMBINGAN TEKNIS HUMAS PEMERINTAH TAHUN 2023 dengan tema : “KOLABORASI DAN OPTIMALISASI PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL PEMERINTAH”

Dalam kegiatan bimbingan teknis ini menghadirkan narasumber yaitu :

1. PUTRI AISYIYAH RACHMA DEWI (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya) dengan materi "Kolaborasi dan Optimalisasi Pengelolaan Media Sosial Pemerintah"

2. TRY DESRIADY, S.I.P (PTS (Pelaksana Tugas) Assistant Vice President Media Dep. Komunikasi Korporat PT. Petrokimia Gresik) dengan materi "More Then Just a Social Media"

3. FARIS MONTIS (Ketua Komunitas Youtuber Malang) dengan materi "Produksi & Publikasi Konten Memakai Handphone"

Perkembangan teknologi informasi yang kian cepat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat di era digital saat ini. Berdasarkan we are social digital, lembaga internasional yang aktif mengamati perilaku digital mencatat pada tahun 2022, pengguna internet indonesia mencapai 204,7 juta jiwa atau setara dengan 73,7% populasi penduduk indonesia. Rata-rata waktu yang digunakan untuk mengakses internet mencapai 8 jam 36 menit sehari. Sedangkan pengguna aktif media sosial mencapai 191,4 juta jiwa atau sama dengan 68,9% jumlah penduduk indonesia. Hal ini membuktikan bahwa media sosial merupakan media yang tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. Media sosial menawarkan berbagai manfaat bagi penggunanya, salah satunya bagi humas pemerintah yang menjadikan media sosial sebagai platform untuk menjalankan komunikasi publik dan komunikasi strategis. Media sosial hadir sebagai alat komunikasi dua arah yang efektif dan intensif. Media sosial telah menjadi salah satu media penyebaran informasi yang paling banyak digunakan baik perseorangan maupun organisasi/lembaga. Tidak jarang akibat derasnya penetrasi, informasi di media sosial menjadi sebuah isu yang belum jelas kebenarannya. Peran media sosial bagi pemerintah yaitu untuk menjaga dan meningkatkan reputasi lembaga serta menggali aspirasi publik. Di sini humas pemerintah juga memiliki peran penting sebagai fasilitator komunikasi. Salah satu tugas humas yaitu dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola konten-konten di media sosial agar informasi – informasi yang berkaitan dengan lembaga dapat tersampaikan dengan baik. Dalam hal ini media sosial memberikan tantang an baru bagi pemerintah. Untuk itu, humas pemerintah harus dapat berkolaborasi meng optimalkan pengelolaan media sosial dengan baik. Humas pemerintah juga harus mampu mengelola berbagai sumber informasi dan saluran komunikasi secara efektif agar informasi dapat tersampaikan kepada publik dengan tepat. Semoga dengan bimbingan teknis ini dapat memberikan manfaat dan kita dapat saling berkolaborasi, bersinergi, sehingga bisa lebih optimal dalam memberikan pelayanan kepada publik sesuai tugas dan fungsinya.

Jika ada teman-teman yang ingin mendapatkan materi yang disampaikan narasumber bisa langsung menghubungi kami tim dari DLH Provinsi Jawa Timur.

Terima Kasih semoga bermanfaat


Berita Terpopuler
Card image cap

Halal Bihalal Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur

17 Apr 2024 15:58:18

dlh-jatim

Selasa (16/4) merupakan awal m...

Card image cap

Pembinaan ASN dan Non ASN yang BERAKHLAK

20 Mar 2024 13:50:07

dlh-jatim

Dalam rangka peningkatan kapas...

Card image cap

Pengawasan Penataan Lingkungan Hidup Industri Kimia

15 Mar 2024 14:42:22

dlh-jatim

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) P...