Akselerasi Pemrosesan Persetujuan Teknis Air Limbah dan Persetujuan Teknis Pembuangan Emisi di Jawa Timur

04 Jun 2024 12:10:42
Responsive image
... ... ... ... ... ... ... ... ...

Dalam rangka meningkatkan layanan terhadap pemrosesan Persetujuan Teknik (PERTEK) Air Limbah dan Persetujuan Teknis (PERTEK) Pembuangan Emisi mulai bulan Mei tahun 2024 Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur menerapkan program Percepatan (Akselerasi) pelayanan melalui Percepatan Pelaksanaan Persetujuan Teknis Air Limbah pada tanggal 8, 13, 14, 15 dan 27 Mei 2024 dan Percepatan Persetujuan Teknis Pembuangan Emisi pada tanggal 2, 3, 28, dan 29 Mei 2024.

Program ini dilaksanakan dengan tetap mengacu pada peraturan yang berlaku sebagaimana termuat dalam PERMENLHK 5/2021 tentang Tata Cara Penerbitan Persetujuan Teknis dan Surat Kelayakan Operasional Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan.

Sistem pelayanan ini dimulai dari permohonan pengajuan Pertek Air Limbah dan Pertek Pembuangan Emisi melalui aplikasi JOSS (Jatim Online Single Submission). Setelah kelengkapan berkas yang diupload pada JOSS sesuai dan memenuhi persyaratan maka pemohon diundang untuk mengikuti program akselerasi selama 2 (dua) hari kerja.

Pada saat program akselerasi, pemohon akan diperiksa pemenuhan persyarat administrasi teknisnya dan dibimbing secara langsung untuk dapat memenuhinya, selanjutnya akan dilaksanakan pemeriksaan substansi dan diarahkan untuk dapat memenuhi persyaratan administrasi teknisnya.

Jika dalam waktu 2 (dua) hari kerja, pemohon dapat memenuhi seluruh ketentuan administrasi dan teknis yang dipersyaratkan, maka akan segera diterbitkan Rekomendasi Teknis Pertek Air Limbah dan Pertek Pembuangan Emisi dalam jangka waktu 1-3 hari.

Namun, jika pemohon tidak dapat memenuhi ketentuan tersebut, maka berkas akan dikembalikan kepada pemohon melalui aplikasi JOSS untuk dapat dilengkapi dan dipenuhi kembali sesuai peraturan yang berlaku.

Pada bulan Mei 2024, program akselerasi telah menghasilkan 25 Rekomendasi Teknis Air Limbah dan 40 Rekomendasi Teknis Pembuangan Emisi. Program ini akan terus diselenggarakan dengan melaksanakan berbagai pembenahan untuk meningkatkan mutu pelayanan di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur.