DLH-Jatim

Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur Tahun 2019

Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur Tahun 2019

operator dlh | Senin, 29 Juli 2019 - 10:47:54 WIB | dibaca: 773 pembaca

Rangkaian Kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 yang dimulai sejak tanggal 26 Juli 2019 berakhir siang kemaren bertepatan dengan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup yang dilaksanakan di UPT Pelabuhan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur di Mayangan – Kota Probolinggo (28/07/2019).

Sesuai dengan agenda yang direncanakan kegiatan diawali dengan Kemah Hijau selama 3 (tiga) hari yang diikuti oleh kurang lebih 400 pelajar dan pendamping dari Sekolah yang memperoleh penghargaan ADIWIYATA tingkat Provinsi Jawa Timur (SMP/MTsN dan SMU/MA/SMK, Guru Pendamping untuk Perwakilan Tingkat SD). Kemah Hijau merupakan bentuk kegiatan pembinaan, pengenalan dan penyadaran siswa dan guru sekolah terhadap permasalahan lingkungan yang ada di sekitarnya, sehingga mereka mampu melakukan upaya/aksi untuk menyelesaikan masalah lingkungan. Kemah Hijau diisi narasumber dari Kementerian LHK (Materi Dampak Perubahan Iklim), Bapak SUCIPTO - Penerima Kapaltaru Pelestari Lingkungan 2019 (Materi Energi Alternatif), Materi tentang Daur Ulang Sampah, Pemutaran Film, Lomba Daur Ulang Kertas, Materi Pencemaran Udara, Perlindungan Lapisan Ozon, , Lomba Karya Vlog Lingkungan, dan Pentas Seni dengan tema “Biru Langitku, Hijau Bumiku”.

Agenda selanjutnya, pada hari kedua (27/07/2019) dilaksanakan Pembukaan Pameran Teknologi Ramah Lingkungan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo, Budi Krisyanto. Pameran diikuti oleh 30 peserta dari Dunia Usaha (PT. PRIA, PT. Petrokimia Gresik, PT. Mitra Tani 27), Instansi Pengelola Lingkungan Hidup Kab/Kota (DLH Ngawi, DLH Kota Blitar, DLH Kota Probolinggo, DLH Kota Malang, dan DLH Kab. Sampang) dan Pelaku UMKM binaan CSR Dunia Industri yang ada di Jawa Timur (Kelompok Usaha Kecil UMKM dari Forum Peduli Sampah Kota Probolinggo, Forum IKM Jatim, POKLAHSAR Anugerah Karya Bahari (Hasil Laut), UKM Dinas Perikanan Kota Probolinggo, UKM Produk Daur Ulang Limbah SRIKANDI, Produk Sekolah ADIWIYATA dari Lumajang dan Kota Probolinggo, UKM Batik dari Pewarna Alami, UKM Produk Daur Ulang Limbah PAMEKASAN HEBAT, serta produk hasil karya penerima KALPATARU 2019 Sucipto yaitu Energi Alternatif Baru Terbarukan Ramah Lingkungan Pembangkit Listrik Mikro Minihidro). Kegiatan pameran yang berlangsung selama 2 (dua) hari ini merupakan sarana ekspose teknologi ramah lingkungan dan upaya-upaya yang telah dilakukan dalam pengelolaan lingkungan hidup, serta media promosi produk ramah lingkungan oleh seluruh pemangku kepentingan di Jawa Timur.

Pada Acara Puncak yang berlangsung di Hari Ketiga yang bertepatan di hari Minggu (28/07/2019), kegiatan diawali dengan Gerakan Bersih Pantai (Coastal Clean Up) Mayangan. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Walikota Probolinggo M Soufis Subri diikuti kurang lebih 500 peserta yang terdiri dari peserta Kemah Hijau, OPD terkait dan Masyarakat sekitar. Dalam sambutannya, M Soufis Subri menyampaikan bahwa sampah merupakan tantangan bersama. Upaya penyadaran masyarakat telah dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat hingga dunia usaha melalui gerakan operasi simpatik sampah, festival lingkungan, lombal mural dan fashion show daur ulang. Bahkan Pemerintah Kota Probolinggo telah menerbitkan PERWALI tentang pengurangan sampah plastik. Para peserta Kemah Hijau sekolah Adiwiyata sangat antusias penuh semangat mengikuti aksi tersebut mulai pukul 07.15 dan didapatkan kurang lebih 300 Kg sampah yang didominasi oleh limbah plastik. Sampah plastik terbanyak berhasil didapat dari Kelompok Peserta Pelajar dari Kab. Lamongan yang mendapat 28 Kg sampah plastik.

Kegiatan Aksi Bersih Pantai berakhir bertepatan dengan kedatangan Ibu Gubernur Jawa Timur tercinta, Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetya Boedi, dan Wakapolda Jawa Timur Brigjen Polisi Toni Harmanto. Kedatangan beliau bertiga disambut oleh Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin beserta Istri.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur 2019 ini dihadiri kurang lebih 2000 undangan yang terdiri dari FORKOMPIMDA Jatim, Dirjen/Eselon I Kementerian LHK, OPD terkait Provinsi/Kab/Kota, Pimpinan/Wakil Pimpinan Kodam V Brawijaya, Pimpinan/Wakil Pimpinan Armada Kawasan Timur,  BUMN/Dunia Usaha/Dunia Industri serta unsur tokoh masyarakat lainnya.

Dalam acara ini dilakukan pula penandatanganan Nota Kesepahaman atau MOU dengan enam industri di wilayah Jawa Timur, tentang program yang dicanangkan Gubernur Khofifah, yakni Adopsi Sungai Brantas. Adopsi sungai Brantas merupakan Perwujudan Bhakti Keenam Program Nawa Bhakti Satya Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yaitu Jatim Harmoni yang mengamanatkan untuk menjadikan sungai dan hutan sebagai sumber kehidupan melalui adopsi hutan dan sungai serta pembangunan berbasis DAS (Daerah Aliran Sungai),  MoU bersama pelaku usaha di sepanjang DAS Brantas untuk industri bersih berkelanjutan bertujuan untuk meningkatkan komitmen kalangan pelaku usaha untuk bersama-sama memelihara kondisi Sungai Brantas.

Selain itu diberikan pula beberapa Penghargaan Lingkungan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara langsung yaitu :

  1. 6 (enam) penghargaan Penyusun Laporan IKPLHD Kab/Kota Terbaik kepada Bupati Lumajang, Bupati Jember, Walikota Surabaya, Bupati Lamongan, Walikota Madiun dan Walikota Blitar.
  2. 20 (dua puluh) Penghargaan Laporan Pelaksanaan Pengelolaan Lingkungan Hidup Tahun 2019 kepada PT. Pertamina S&D Reg III - Instalasi Tg. Perak (TBBM Surabaya Group) Surabaya, PT. PJB UP Paiton Kab. Probolinggo, PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk Div. Noodle Kab. Pasuruan, PT. Indonesia Power UBP Perak – Grati PLTGU Grati Kab. Pasuruan, PT. Jawa Power Kab. Probolinggo, PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) PG Gempolkerep Kab. Mojokerto, PT. Pertagas Area Jawa Bagian Timur Kab. Sidoarjo, PT. Pertamina (Persero) Production Unit Gresik Lubricants, PT. Pertamina (Persero) S&D Reg. III – TBBM Tanjung Wangi Kab. Banyuwangi, PT. Pertamina (Persero) S&D Reg. III – TBBM Tuban Kab. Tuban, PT. Pertamina EP – Asset 4 Field Sukowati Kab. Bojonegoro, PT. Pertamina Hulu Energi WMO (Kodeco) Kab. Gresik, PT. PJB UP Gresik Kab. Gresik, PT. PLN (Persero) Pembangkitan Lontar – PLTU Paiton Baru (Unit 9) Kab. Probolinggo, PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk. – Pabrik Tuban Kab. Tuban, PT. Tirta Investama – Pandaan Kab. Pasuruan, Kangean Energy Indonesia, Ltd Kab. Gresik, PT. Karyadibya Mahardika – Pandaan Kab. Pasuruan, Saka Indonesia Pangkah Ltd Kab. Gresik, PT. Bumi Suksesindo Kab. Banyuwangi.
  3. 5 (Lima) Penghargaan Pelestari Fungsi Lingkungan Hidup Tahun 2019, yaitu Kategori Penyelamat Lingkungan dari “Kelompok Jawa Dipa Nusantara”, SUWONDO dan “Kelompok Tani SRI WIDODO”, PAERAN. Kategori Perintis Lingkungan dari SUCIPTO – Kab. Lumajang dan NANANG ADI WIJAYA – Kab. Ponorogo dan KARYANTO dari Kab. Ngawi.
  4. 16 (enam belas) Penghargaan Desa/Kelurahan BERSERI Tahun 2019 Kategori Mandiri yaitu Desa Banggle, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar. (RW.07, RW.08, RW.09, RW.11), Kel. Sukorame, Kec. Gresik, Kab. Gresik. (RW.01, RW.02, RW.06, RW.05), Desa Ngebrak, Kec. Gampengrejo, Kab. Kediri. (RW.01, RW.02, RW.03, Dsn Grompol RW.01), Desa Pucangro, Kec. Kalitengah, Kab. Lamongan. (RW.01, RW.02, RW.03, RW.04), Desa Pengangsalan, Kec. Kalitengah, Kab. Lamongan. (RW.01, RW.02, RW.03), Kel. Munggut, Kec. Wungu, Kab.  Madiun. (RW.01, RW.03, RW.05, RW.06), Kel. Selosari, Kec. Magetan, Kab. Magetan. (RW.02, RW.03 RW.08, RW.09), Kel. Ringinanom, Kec. Nganjuk, Kab.  Nganjuk. (RW.1, RW.2, RW.3, RW.4), Kel. Kangenan, Kec. Pamekasan, Kab.  Pamekasan. (RW.03, RW.05, RW.07, RW.12, ), Desa Gelam, Kec. Candi, Kab.  Sidoarjo. (RW.01, RW.02, RW.03, RW.05), Kel. Karangduak, Kec. Kota Sumenep, Kab.  Sumenep. (RW.01, RW.02, RW.03, RW.04), Desa Pangarangan, Kec. Kota Sumenep, Kab.  Sumenep. (RW.02, RW.03, RW.04, RW.05), Kel. Kepanjenkidul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. (RW.01, RW.08, RW.11, RW.12), Kel. Purworejo, Kec. Purworejo, Kota Pasuruan. (RW.01, RW.02, RW.05, RW.08), Kel. Wiroborang, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo. (RW.01, RW.02, RW.03, RW.04), Kel. Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo. (RW.06, RW.07, RW.08, RW.15).


Dalam sambutannya, Ibu Gubernur Khofifah menginformasikan menurut WHO, setiap tahun ada 7 (tujuh) juta orang meninggal karena Polusi Udara, 70 % berada di Kawasan Asia Pasifik dan di Indonesia ada sekitar 60.000 orang yang meninggal karena Polusi Udara, lanjut Khofifah. Dari tema Internasional “Beat Air Pollution” yang kemudian di breakdown menjadi tema nasional “Biru Langitku dan Hijau Bumiku” maka upaya yang dapat dilakukan adalah dengan Mensinergikan seluruh elemen strategis di negeri ini untuk mewujudkan udara yang bebas polusi. Dalam poin ini, Adiwiyata menjadi penting untuk memberikan proses penyadaran, internalisasi dan akhirnya aksi nyata karena kita semua merupakan bagian yang ikut berkontribusi terwujudnya udara yang bersih, jelas Khofifah. Selanjutnya Ibu Khofifah menginformasikan sesuai dengan arahan Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar selama hidupnya minimal 25 pohon ditanam dan dipelihara. Paling sederhana adalah setiap kita berulang tahun maka kita menanam pohon agar ada dorongan untuk kita selalu memeliharanya, karena akan sangat memorable dan valuable sebagai sesuatu yang bermakna. Untuk Dunia Usaha/Dunia Industri, Ibu Gubernur menekankan bahwa sudah saatnya menggunakan teknologi yang terverifikasi yaitu kategori teknologi Clean Industry.

Ibu Khofifah mengapresiasi langkah maju Walikota Probolinggo yang bersama DPRD Kota Probolinggo yang telah menerbitkan Perda Tentang Penggunaan Plastik sekali pakai sebagai langkah mereduksi sampah plastik. Tinggal keseriusan/langkah nyata dalam mengaplikasikan Perda tersebut dengan mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat. Khofifah menambahkan bahwa saat ini teknologi pengolahan sampah plastik menjadi energi, untuk itu perlu kesiapan Daerah lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut seperti yang telah dilakukan oleh Kota Surabaya yang saat ini telah menghasilkan energi listrik 1,8 MW dari sampah plastik, Kab Lamongan dan Kab. Mojokerto (7 MW). Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan DPRD Provinsi telah menandatangani PERDA RUED (Rencana Umum Energi Daerah) tentang PLTSA dan Energi non Fosil yang ditargetkan pada tahun 2025 dapat terpenuhi 16,8 %. Menjadi PeeR bersama kita semua untuk terus berinisiasi dan berinovasi dalam penggunaan teknologi pengolahan sampah plastik menjadi energi listrik.
Di akhir sambutannya, Ibu Gubernur Khofifah menyampaikan terima kasih kepada Pejabat FORKOPIMDA dari kalangan Militer dan Kepolisian, Pimpinan Dunia Usaha/Industri, segenap aktifis dan pemerhati lingkungan yang hadir dan turut mensukseskan kegiatan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 sebagai bentuk prioritas, keseriusan dan komitmen bersama untuk mewujudkan “BIRU LANGITKU, HIJAU BUMIKU”.

Sebelum meninggalkan lokas, Ibu Gubernur Khofifah mencanangkan Gerakan Menggunakan Thumbler sebagai pengganti air minum botol plastik dengan mengambil air minum dari galon air yang tersedia beberapa titik lokasi acara. Selanjutnya dilakukan penanaman pohon cemara udang bersama di tepi pantai Mayangan oleh Gubernur Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya dan Walikota Probolinggo (r@ss).





Komentar Via Website : 35
Merek Mobil
31 Juli 2019 - 13:09:43 WIB
Beritanya harus ditambah lagi ni bos.. biar makin keren.
Dengan menggunakan rental mobil bali lepas kunci http://sriratubali.com
pendaftaran merek http://optimasihki.id/form-pendaftaran-online/
ardian
06 September 2019 - 14:17:56 WIB
rina
06 September 2019 - 14:32:50 WIB
DavidPHetaEZ
06 September 2019 - 15:09:47 WIB
Заказать seo поисковую оптимизацию сайта, Заказать услуги по продвижению сайта По всем возникшим вопросам Вы можете обратиться в скайп логин [b]pokras7777[/b] [url=http://seoprofisional.ru/index.php?route=product/cate gory&path=75][b]Аренда выделенных серверов по приемлимым ценам[/b][/url] Раскрутка сайта под ключ
gilang
06 September 2019 - 15:48:13 WIB
AwalKembali 123... 4 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)