DLH-Jatim

Hari Ozon Sedunia : Ozon Untuk Kehidupan

Hari Ozon Sedunia : Ozon Untuk Kehidupan

admindlh | Rabu, 16 September 2020 - 08:40:03 WIB | dibaca: 1066 pembaca

Hari Ozon Sedunia ini penting karena merupakan hari yang digunakan untuk menyebarkan kesadaran tentang menipisnya Lapisan Ozon, sekaligus mencari solusi untuk melestarikannya. Salah satu cara terbaik untuk merayakan Hari Ozon Dunia adalah dengan mempelajari lebih lanjut tentang lapisan ozon. Lapisan ozon merupakan bagian dari atmosfer yang memiliki konsentrasi ozon tinggi. Ozon adalah gas yang terbuat dari tiga atom oksigen O3. Tergantung di mana lapisan ozon berada, hal itu dapat membahayakan kehidupan atau melindungi kehidupan di Bumi. Sebagian besar ozon tetap berada di dalam stratosfer di mana ia bertindak sebagai perisai, melindungi permukaan bumi dari radiasi ultraviolet matahari yang berbahaya. Jika perisai ini dilemahkan, kita semua akan lebih rentan terhadap gangguan sistem kekebalan, katarak, dan kanker kulit. Ozon bisa menjadi polutan berbahaya yang menyebabkan kerusakan pada tumbuhan dan jaringan paru-paru jika lebih dekat ke Bumi daripada troposfer.yang merupakan lapisan atmosfer dari permukaan sampai kira-kira sepuluh km. Ini menunjukkan mengapa lapisan ozon sangat penting, dan sangat penting untuk mengelolanya secara efektif.

Ada lubang di lapisan ozon yang memungkinkan masuknya sinar ultraviolet dalam jumlah besar dan terletak di kutub, yang berada di Samudra Arktik dan benua Antartika, menjadi sangat besar di sepanjang musim semi di kedua belahan bumi, menyebabkan musim panas yang berkepanjangan. . Lubang di lapisan ozon berbahaya. Terlepas dari kenyataan bahwa itu disebabkan karena fluktuasi alami, itu juga dapat disebabkan oleh aktivitas yang kita semua lakukan sebagai manusia, yang mengeluarkan gas yang berakhir di stratosfer, menurunkan molekul ozon, serta meningkatkan dampak dan ukuran. lubang di lapisan ozon. Ini adalah masalah kesehatan dan lingkungan, karena radiasi matahari yang berlebihan merupakan ancaman bagi semua jenis kehidupan.

Tahukah Anda bahwa ada sejumlah hal berbeda yang dapat kita lakukan untuk melindungi lapisan ozon? Beberapa contoh termasuk meminimalkan penggunaan kendaraan. Pilihan transportasi terbaik adalah berjalan kaki atau naik sepeda. Jika Anda perlu menggunakan kendaraan untuk mencapai suatu tujuan, mengapa tidak mencoba berangkat bersama dengan teman lainnya untuk menurunkan penggunaan mobil untuk menghemat uang dan mengurangi polusi? Anda juga dapat menghindari penggunaan item pembersih yang berbahaya bagi kita dan lingkungan. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa banyak produk pembersih yang beredar di pasaran saat ini mengandung zat yang bersifat korosif dan pelarut juga, padahal zat berbahaya tersebut dapat diganti dengan produk yang tidak beracun, seperti bikarbonat atau cuka.

Ada sejumlah hal lain yang dapat Anda lakukan untuk melindungi lapisan ozon. Ini termasuk membeli produk lokal. Dengan melakukan ini, Anda tidak hanya mendapatkan produk segar tetapi Anda akan memastikan bahwa Anda tidak mengonsumsi makanan yang telah menempuh perjalanan jauh. Lagi pula, semakin jauh jarak yang ditempuh, semakin banyak nitrous oksida yang dihasilkan karena media yang digunakan untuk mengangkut produk. Anda juga harus mencoba berhenti mengonsumsi gas yang berbahaya bagi lapisan ozon karena proses pembuatan atau kandungannya. Beberapa gas yang paling berbahaya dalam hal ini adalah nitrous oxide, methyl bromide, halogenated hydrocarbon, dan CFCs, yang merupakan singkatan dari chlorofluorocarbons.

Pada Meeting of Parties (MOP) Protokol Montreal ke 31 yang diselenggarakan pada tanggal 4 – 8 November 2019 di Gedung FAO Roma, Italia dan dihadiri oleh 180 negara. Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), Ruandha Agung Sugardiman sebagai National Focal Point Protokol Montreal melaporkan keberhasilan Indonesia dalam menghapuskan sebesar lebih dari 20% konsumsi bahan perusak ozon khususnya HCFC pada tahun 2018 dan pada saat ini telah mencapai lebih dari 40% lebih besar dari target yang disepakati antara Pemerintah Indonesia dengan Multilateral Fund, yaitu sebesar 37,5% pada tahun 2020 dan 55% pada tahun 2023.





Komentar Via Website : 3
Jasa Service AC Batam
18 Oktober 2020 - 22:45:06 WIB
Ozon wajib kita jaga bersama untuk kelangsungan kehidupan.
Dalam alat elektronik rumah tangga seperti AC juga harus menggunakan refrigerant yang ramah lingkungan dan tidak merusak lapisan ozon.
Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan AC dan Service AC di Batam kami solusinya.
https://serviceacbatam.com
konsul
22 Desember 2020 - 18:10:31 WIB
Hari Ozon Sedunia 2020 atau Hari Internasional untuk Pelestarian Lapisan Ozon 2020 dirayakan setiap tahun pada tanggal 16 September, Tahun ini, kita merayakan 35 tahun Konvensi Wina dan 35 tahun perlindungan lapisan ozon global. Hari itu diamati untuk menyebarkan kesadaran tentang cara-cara yang efektif dalam melindungi lapisan ozon. https://bit.ly/2K2Q1ex - https://bit.ly/3agz1Ms - https://bit.ly/38djNoU
bahasa
22 Desember 2020 - 18:18:22 WIB
kalau masih ingat peristiwa terpenting yang melekat pada Hari Ozon Dunia adalah protokol Montreal yang diadakan pada tahun 1987.
Jadi tidak usah pusing tinggal kunjungi https://bingung.my.id/ mungkin saja beberapa artikel di dalamnya bisa jadi bahan informasi untuk kamu atau menjawab berbagai pertanyaan
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)