AKSI LINGKUNGAN

Action Learning Peningkatan Peran Masyarakat dalam Rehabilitasi Kerusakan Lahan

Action Learning Peningkatan Peran Masyarakat dalam Rehabilitasi Kerusakan Lahan

operator dlh | Senin, 11 November 2019 - 05:50:35 WIB | dibaca: 138 pembaca

Entah kalimat apa lagi yang lebih pas untuk menggambarkan kondisi hutan di Kec. Wonotirto, Kabupaten Blitar saat ini. Kering, gersang dan gundul.

Dulu kawasan hutan milik Perhutani disini cukup lebat dan merupakan salah satu lumbung air bagi masyarakat sekitar. Kini di ujung kemarau panjang tahun 2019 ini air cukup sulit didapat, bahkan ketika kami hendak mengambil air wudhu di salah satu mushola, air sumurnya yang cukup dalam tersebut telah lama kering.

Adalah kegelisahan Suwondo, Pejuang Lingkungan asal Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto Kab. Blitar atas kondisi kampung halamannya tersebut. Ada ratusan ribu hektar hutan dan lahan di kawasan tersebut yang semakin gundul hingga ke kawasan pesisir. Entah apa yang terjadi nanti 2, 3 atau 5 tahun kedepan bila kondisi ini terus dibiarkan. Nyaris 90 % persen pohon tegakan di kawasan tersebut telah beralih fungsi menjadi kebun dan lahan pertanian. Sejak lebih dari 17 tahun yang lalu, Mbah Wondo di usia senjanya terus mendedikasikan hidupnya terus aktif melakukan gerakan menanam ribuan pohon di kawasan pesisir pantai dan sekitarnya.

Dengan organisasi JAWA DIPA NUSANTARA yang dibentuknya sejak 2014, Mbah Wondo terus memotivasi masyarakat untuk arif dan kembali melestarikan lingkungan dengan mengedepankan budaya adat. Menurutnya, budaya asli Nusantara salah satunya adalah menanam.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sangat mengapresiasi dan terus mendukung kiprah Mbah Wondo salah satunya dengan mengganjar penghargaan KALPATARU Tahun 2019 yang diserahkan Ibu Hj. Khofifah pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia Provinsi Jawa Timur bulan Juli 2019 di Kota Probolinggo.

Dinas LH Prov. Jatim bekerjasama dengan DLH Kab. Blitar menyelenggarakan kegiatan Action Learning Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Rehabilitasi Kerusakan Lahan di Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto Kab. Blitar selama 3 (tiga) hari, 6 s.d 8 Nopember 2019. Kegiatan ini merupakan langkah berkelanjutan untuk terus memotivasi masyarakat agar arif dan bijak menjaga kelestarian lingkungan dan tidak berlebihan mengambil sumber daya alam yang ada.

Impian Mbah Wondo seperti juga impian kita semua hanya satu, Generasi Milenial untuk ikut peduli dan mencintai lingkungannya dan kembali menanam (r@ss).





Komentar Via Website : 2
Langsung.Top
20 November 2019 - 07:37:32 WIB
Selamat pagi semangat beraktifitas.
Layanan SEO Tahunan https://seohandal.id .
Jasa rental lepas kunci http://sriratubali.com
Hellen
10 Desember 2019 - 05:43:18 WIB
Optimasi web anda bersama https://seotunggal.com/jasa-seo-jakarta/
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)