Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur - Smart Province Green Province
Selamat Datang di Halaman Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur - Smart Province Green Province

IKLH

Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) yang sebelumnya berjudul Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD), merupakan laporan mengenai kondisi lingkungan hidup Provinsi Jawa Timur yang dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup setiap tahunnya. Pelaporan IKPLHD ini dilandasi oleh amanat Undang-Undang No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang mewajibkan pemerintah dan pemerintah daerah untuk menyampaikan informasi tentang kondisi lingkungan kepada masyarakat luas. Selain sebagai sarana penyampaian informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup, IKPLHD juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah adalah dokumen yang memuat mengenai kondisi aktual lingkungan (state), tekanan terhadap lingkungan (pressure), dan upaya-upaya yang dilakukan guna meningkatkan kualitas lingkungan hidup (response). Pelaporan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah sebagai sarana penyediaan data dan informasi pengelolaan lingkungan hidup dapat menjadi alat yang berguna dalam membuat kebijakan dan peraturan, terutama yang terkait dengan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan di Jawa Timur. Pengarusutamaan lingkungan hidup dalam pengambilan keputusan merupakan hal yang sangat penting dan mendesak untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Melalui penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah ini diharapkan masyarakat akan memperoleh haknya terhadap akses informasi lingkungan hidup yang akan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Penyusunan informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi dan wajib dipublikasikan kepada masyarakat. Salah satu prasarana primer untuk mendukung terwujudnya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah ketersediaan data dan informasi lingkungan hidup yang dikemas dalam suatu sistem informasi yang memadai, handal dan terkini.

Dalam penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah sebagai bagian dari sistem informasi lingkungan hidup tentunya diperlukan dukungan dari berbagai pihak baik dalam penyediaan data dan informasi maupun saran masukan untuk penyempurnaannya. Untuk itu disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada berbagai pihak yang telah berperan serta secara aktif hingga tersusunnya Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2016 ini.

  1. Executive Summary IKPLHD
  2. Laporan Utama Dokumen IKPLHD

Tags :

  • Copyright © 2018 Humas Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur